Ada kesalahan di dalam gadget ini

Sabtu, 19 November 2011

Sistem informasi berbasis pendidikan (Otomatisasi Kantor)

Pendahuluan
Otomatisasi Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.
Asal mula otomatisasi kantor di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word processing untuk menjelaskan kegaitan devisi mesin tik listriknya.Bukti nyata, pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.

Pembahasan
otomatisasi adalah  penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik  yang biasa dilakukan oleh manusia. otomatisasi kantor ( office automation atau oa ) adalah semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada didalam maupun diluar perusahaan
otomatisasi kantor bertujuan untuk meningkatkan produktivitas bila diterapkan sebagai alat pemecah masalah, otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antara manajer untuk saling melakukan komunikasi dengan lebih baik selagi mereka memecahkan masalah.
peningkatan komunikasi ini dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.
otomatisasi perkantoran merupakan kaitan berbagai komponen dalam menangani informasi; mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara minimal. dengan demikian akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murah digunakan, dipindahkan, dan dirawat. pada akhirnya dapat meletakkan landasan yang kuat untuk integrasi informasi sehinggga perusahaan mampu berkompetisi lebih baik.
Konsep-konsep otomatisasi
1        Proses yang terjadi diperkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah keotomatisasi.
2        Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah dan tanpa rencanamenuju aplikasi yang terencana dan terpadu.
3        Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi.
4        Otomatisasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusanyang lebih baik.
5        Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti
ada 11  aplikasi otomatisasi kantor yang telah diketahui, yaitu :
1        word processing
 word processing adalah penggunaan suatu peralatan elektronic yang secara otomatis melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau cetak. word processing memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah dengan memberikan kemampuan kepada manajer untuk membuat komunikasi tertulis yang lebih efektif untuk diberikan kepada anggota lain.
2        electronic mail
electronic mail yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan pemakai untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan terminal komputer dan peralatan penyimpanan.
3        voice mail
voice mail persis sama dengan electronic mail. perbedaannya bahwa anda hanya mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya. dan anda menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan kepada anda.
4        electronic calendaring
electronic calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer. electronic calendaring bersifat khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor, karena ia hanya menyusun terjadinya komunikasi bukan mengkomunikasikan informasi.
5        audio conferencing
audio conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan melakukan konferensi. audio conferencing adalah aplikasi oa pertama yang tidak memerlukan komputer. ia hanya memerlukan penggunaan fasilitas komunikasi audio dua arah.
6        video conferencing
video conferencing melengkapi signal audio dan signal video. peralatan televisi digunakan untuk mengirim dan menerima signal audio dan videoorang yang berada dalam suatu lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang berada di lokasi lain selagi konferensi dilakukan.
            tiga konfigurasi video conferencing ( tergantung pada peralatan yang digunakan ),  yaitu :
            1.  video satu arah dan audio satu arah
            2.  video satu arah dan audio dua arah
            3.  video dan audio dua arah
7        computer conferencing
computer conferencing adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga memberi kemampuan seseorang untuk melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya konferensi. aplikasi ini hampir sama dengan electronic mail, karena kedua aplikasi ini menggunakan hardware dan software yang sama. istilah ‘teleconferencing’ digunakan untuk menjelaskan ketiga bentuk alat elektronik untuk konferensi.teleconferencing digunakan dalam seluruh proses pemecahan masalah yang gunakan untuk menukar informasi diantara pemecah masalah (orang-orang yang memecahkan masalah) yang berada dikota yang berlainan.
8        facsimile transmission
facsimile transmission yang biasanya disebut fax, adalah penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat salinan atau copy di ujung yang lain. fax sangat mudah diimplementasikan dan dioperasikan. jalur telepon suara dapat berfungsi sebagai channel-nya dan pengoperasian peralatannya tidak lebih sulit daripada mengoperasikan mesin fotocopy.
9        Videotext
videotext adalah penggunaan komputer untuk tujuan memberikan tampilan materi tekstual pada layar crt. materi tekstual dapat berbentuk naratif atau tabulasi, dan ia disimpan dalam penyimpanan sekunder pada komputer.
10    image storage and retrieval
beberapa jenis perusahaan mempunyai volume dokumen yang besar, sehingga mereka harus menyimpannya dalam file agar informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali jika diperlukan.untuk mengatasi masalah mengenai penyimpanan dan pemanggilan tampilan maka digunakan microform, yang berupa microfilm dan microfiche. microform akan mengurangi kebutuhan ruang yang diperlukan oleh dokumen kertas sampai sekitar 97%. image storage and retrieval digunakan dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk melihat kembali dokumen historis untuk tujuan pemahaman masalah.
11    desktop publishing
desktop publishing atau dtp adalah pembuatan output tercetak yang kualitasnya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter. sistem dtp terdiri atas mikrokomputer dengan layar crt yang beresolusi tinggi, printer laser, software desktop publishing. penggunaan dtp sebagai alat pemecahan masalah meliputi aplikasi administrasi dan teknis. penampilan dokumen iklan yang profesional dan menarik akan memberikan komunikasi yang efektif.

kesimpulan
Otomatisasi Dapat Meningkatkan produktivitas ,dan jika di terapkan sebagai alat pemecah masalah otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antara manager dapat saling berkomunikasi dengan lebih baik dalam pemecahan permasalahan. Dan terlebih lagi dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.

Daftar pustaka






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar