Jumat, 28 Oktober 2011

Model Sistem Umum Perusahaan & Pendekatan Sistem


Dalam hal ini, Ada beberapa penjelasan tentang Model Umum Perusahaan. Dimana model itu sendiri merupakan alat yang terkenal dalam bisnis. Analisis literatur bisnis selama dua puluh tahun yang lalu telah menunjukkan peningkatan yang hampir geometris dalam pembahasan mengenai model. Dengan mengkonsentrasikan pada periode ini, akan terlihat bahwa pembuatan model merupakan inovasi yang baru.
                        
Pembahasan
Pengertian Model itu sendiri adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan. Atau, Model adalah penyederhanaan dari suatu objek yang mewakili sejumlah objek atau aktifitas yang disebut entitas.
Ada 4 jenis dasar model, diantaranya yaitu :
1.      Model Fisik ialah Penggambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi.
2.      Model Naratif ialah Menggambarkan entitas secara lisan atau tulisan.
3.      Model Grafik ialah Menggambarkan entitas dengan sejumlah garis atau symbol
4.      Model matematis ialah Sebagian besar perhatian dalam pembuatan bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematis. Keunggulannya, ketelitian dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek.
Tahapan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan system:
1.      Usaha Persiapan
a.       Memandang perusahaan sebagai suatu sistem.
b.      Mengenal sistem lingkungan.
c.       Mengidentifikasi subsistem perusahaan.
2.      Usaha Definisi
Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem. Tujuannya : mengidentifikasi tingkat sistem tempat persoalan berada. Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tertentu :
a.       Mengevaluasi standar.
b.      Membandingkan output dengan standar.
c.       Mengevaluasi manajemen.
d.      Mengevaluasi pemroses informasi.
e.       Mengevaluasi input dan sumber daya input.
f.       Mengevaluasi proses.
g.      Mengevaluasi sumber daya output.
3.      Usaha Persiapan
a.       Pertimbangan alternatif yang layak.
b.      Mengevaluasi berbagai solusi alternatif.
c.       Memilih solusi terbaik.
d.      Menerapkan solusi.
e.       Memastikan bahwa solusi tersebut efektif.
Faktor manusia yang mempengaruhi pemecahan masalah, 3 Kategori manajer dalam merasakan masalah :
1.      Penghindar masalah (Problem Avoider), manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi.
2.      Mengumpulkan Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)) :
a.       Gaya teratur, mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
b.      Gaya menerima, manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya/orang lain dalam organisasi.
3.      Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah( Problem solver)
a.       Gaya sistematik, manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan. Co. : pendekatan sistem.
b.      Gaya intuitif, manajer tidak menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.
Penggunaan Model Sistem Umum,Beberapa kegunaan model, diantaranya adalah:
a.       Mempermudah Pengertian, suatu model pasti lebih sederhana dari pada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan dalam cara yang sederhana.
b.       Mempermudah Komunikasi, setelah problem solver mengerti entitasnya, pengertian itu sering pula dikomunikasikan pada orang lain.
c.       Memperkirakan Masa Depan, ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan model-model jenis lain.

Kesimpulan
            Model umum perusahaan dan pendekatan sistem adalah penyederhanaan dari suatu model yang mewakili sejumblah objek atau aktivitas para manajemen perusahaan yang menggunakan model untuk menyelesaikan permasalahan yang akan dipecahkan.

Daftar pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar